18
Jun
08

Gambar vektor

Akhir-akhir ini saya seneng banget ngumpulin gambar vektor. Oleh karena itu di sini saya mau nulis tentang gambar vektor lebih detail. Lebih detail dari tulisan sebelumnya.

Sayang banget pas looking-looking ke wikipedia, ulasan mengenai gambar vektor dikit dan minim banget. cuman satu paragraf. Padahal banyak yang bisa diceritain mengenai gambar vektor itu. Dalam wikipedia dituliskan bahwa:

Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR .Gambar Vektor menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap.

Kayaknya udah cukup jelas ya dari definisi di atas mengenai gambar vektor tuh seperti apa. Yang pasti lawan gambar vektor adalah gambar bitmap. Sifatnya serba berlawanan dari gambar vektor. Pertama : dia tidak berdasarkan persamaan matematis. Tetapi menggunakan algoritma visualisasi citra. semakin lengkap algoritmanya, semakin bagus gambarnya, dan ukuran filenya juga semakin besar. JPEG adalah format paling populer dari gambar bitmap. Mengapa? karena dia memiliki algoritma yang bisa mengkompress ukuran gambar jadi sangat kecil.

Program pengolah gambar vektor beragam macamnya. Dari Wikipedia saya dapatkan listing-listingnya:

  • Cenon
  • Dia
  • GYVE
  • ImPress
  • Inkscape
  • Karbon14
  • NodeBox
  • OpenOffice.org Draw
  • Skencil — (Sketch)
  • Sodipodi
  • Synfig
  • Tgif
  • Xara Xtreme for Linux
  • Xfig
  • ACD Canvas — (Deneba Canvas)
  • Adobe Illustrator
  • Artworks
  • CorelDRAW
  • ConceptDraw
  • DrawWell
  • EazyDraw
  • Elgorithms MagicTracer
  • iDraw
  • iGrafx Designer
  • Intaglio
  • Jasc WebDraw
  • Jfig
  • Kai Power Tools
  • Macromedia FreeHand
  • Metafile Companion
  • Microsoft Expression Graphic Designer
  • Microsoft Expression Interactive Designer
  • Mayura Draw
  • OmniGraffle
  • Paint Shop Pro
  • Real-DRAW
  • Satori Paint
  • Serif DrawPlus
  • SignBlazer
  • Stone Software Create
  • Vector Effects
  • WinFIG — Windows port of Xfig
  • Xara Xtreme
  • Zoner Draw

Yang paling terkenal itu corel draw (CD) (menurut saya). walaupun sebenarnya corel draw bukan yang paling baik. Namun, karena corel draw termasuk sesepuh di bidang editor gambar vektor, maka pantaslah kalo banyak orang yang kini menggunakan program corel draw. Corel draw sekarang udah mencapai tipe X4 (yang menurut saya masih bagus versi 12 atau X3 nya secara tampilan user interface nya). Program lainnya yang juga powerful dan punya ciri tersendiri adalah Adobe ilustrator (AI). Program ini juga powerful. Kalo menurut saya CD dan AI tuh bagi-bagi pangsa pasar. Kalo CD itu lebih melirik pasar komersial dan industri desain grafis, sementara AI lebih melirik pasar seniman. lihat aja perbandingan di bawah:

karya-karya yang dibuat oleh Adobe Ilustrator:

Sementara hasil buatan corel draw:

Walaupun gak mutlak kayak di atas, alias bahwa kedua software itu bisa juga mengerjakan apa yang dikerjakan oleh software lain, tetapi sepertinya masing-masing sudah menemukan pola permainannya dan spesialisasi mengembangkan produknya ke arah produk yang berbeda. Itu artinya bahwa AI dan CD akan selalu saling melengkapi.

Di internet, kita dapat dengan mudah menikmati hasil karya vektor. Salah satu site yang banyak dijadikan referensi adalah deviantart.com. Coba aja ke sana, dan temukan inspirasi mu disana.

About these ads

0 Responses to “Gambar vektor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: